
Kegiatan IHT yang dilaksanakan di UPTD SMPN 11 Depok dengan Pengawas Pembina yaitu Ibu Desi Idiawaty, S.Pd.,MM. Banyak ilmu yang di dapat tentang pembelajaran sosial emosional (PSE), bagaimana menjadi guru tauladan bagi para peserta didik. Peserta didik yang merasa nyaman maka akan berdampak pada prestasi akademik. Biasanya tenaga pendidik akan melakukan asesmen awal maka gunakan dengan berbincang bersama peserta didik tentang emosi atau perasaan hatinya saat itu.
Maksud pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
Tujuan pembelajaran dalam capaian pembelajaran sifatnya adalah esensial.
Berikan tauladan baik seperti tolong, terima kasih, maaf kepada siswa.
Kebersihan budi adalah bersatunya cipta, rasa, dan karsa yang terwujud dalam tajamnya pikiran, halusnya rasa, kuatnya kemauan yang membawa pada kebijaksanaan.
Pembelajaran Sosial Emosional dapat mencapai pengingkatan 5 KSE, lingkungan belajar yang suportif, peningkatan sikap positif pada diri sendiri, respect dan toleran terhadap orang lain dan lingkungan sekolah.
Lima kompetensi social emosioal; Kesadaran diri, Manajemen diri,Kesadaran sosial, Keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
Kesadaran Penuh (Mindfulness);
1. Perhatian/focus/ atensi yang disengaja (purposeful attention)
2. Sekarang (present moment)
3. Rasa ingin tahu tanpa prasangka dan menghakimi
4. Welas asih (compassion)
Banyak ilmu yang didapat dari kegiatan IHT ini.
Mari Para tenaga pendidik agar Mengajar dengan Empati, Mendengar dengan Hati untuk Memahami Peserta Didik.